Pages

Kamis, 15 Maret 2012

Lupa-lupa Ingat


Senin 27 februari 2012 merupakan pertemuan ke-5 untuk matakuliah ini dan sungghu tragis saya menulis artikel ini pada tanggal 14 maret 2012, itu artinya saya mungkin sudah agak(sangat) lupa dengan apa yang disampaikan pada perkuliahan ini, but saya akan mencoba untuk mengingatnya.

Pada artikel sebelumnya terdapat uraian mengenai Kerangka Kerja Manajemen Proyek berupa PMBOK dan uraian mengenai 9 area keilmuan, dan perkuliahan kali ini memiliki kesamaan yaitu membahas kerangka kerja dari PMBOK di akhir perkuliahan.

Sebuah proyek pasti berada dalam sebuah lingkungan, tidak dapat berjalan terisolasi dari lingkungannya, sehingga diharuskan untuk mengetahui lingkungan dimana proyek itu berjalan.

Proyek diharuskan beroperasi dalam konteks lingkungan organisasi yang lebih luas, sehingga manajer proyek diperlukan untuk berpikir secara system, yaitu memandang proyek secara holistik(memahami kaitan poyek dengan organisasi yang melingkupinya), Untuk itu dilakukan sebuah pendekatan sistem(system approach) terdiri dari pendekatan holistic dan analitis untuk menyelesaikan permasalahan kompleks. Pendekatan system ini terdiri dari tiga komponen yaitu: filosofi sistem, analisis sistem, dan Manajemen Sistem.

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen sistem, yaitu  Business, Organization dan Technology. Seorang manajer dalam sebuah proyek perlu mengenal ketiga aspek ini sebelum membuat sebuah keputusan. Manajer proyek mampu menganalisis efek dari keputusan/tindakan terhadap organisasi, sebelum membuat atau mengambil sebuah keputusan dalam sebuah proyek seorang manajer perlu mengetahui nilai dan dampak apa saja yang akan ditimbulkan terhadap proses business dan organisasi serta teknologi apa yang akan digunakan jika keputusan itu dijalankan.


Sebuah proyek dikerjakan oleh satu atau lebih organisasi, sehingga dibutuhkan pemahaman terhadap jenis-jenis organisasi, baik itu struktur dan budaya organisasi. Secara singkat terdapat 3 tipe struktur organisasi, yaitu Fungsional,Berbasis Proyek dan Matriks.

Struktur organisasi fungsional ialah struktur yang dibentuk berdasarkan fungsi dari setiap divisi/department dimana setiap manajer department bertanggung jawab kepada CEO, sedangkan Struktur berbasis proyek ialah manajer proyek bertanggung jawab kepada CEO dimana manajer proyek memiliki bawahan berupa staff dan Matriks berupa gabungan dari fungsional dan berbasis proyek.


Terakhir yang dapat saya ingat pada perkuliahan kali ini ialah uraian mengenai  kerangka kerja PMBOK oleh bapak Holil, berhubung kerangka kerja ini sudah saya uraikan di salah satu artikel blog ini, mungkin para pembaca bisa berkunjung disini 

0 komentar

Posting Komentar